PENGUKURAN ABILITY DAN MOTOR EDUCABILITY
1.
Tes
Motor Ability
Menurut Johnson
dan Nelson (1969), yang dimaksud motor ability adalah kemampuan umum seseorang
untuk dapat melakukan bermacam-macam gerakan seperti kecepatan, daya tahan,
kelincahan, koordinasi mata dan tangan,
keseimbangan.
Kegunaannya
Tes ini berguna
untuk : (1) mengelompokkan siswa-siswa ke dalam kelompok yang homogen, (2)
mendiagnosa terhadap kekurangan-kekurangan mengenai kemampuan gerak, (3)
motivasi siswa, sehingga ia mampu menilai status gizinya dan catatan mengenai
pengembangannya.
Jenis Tes Motor Ability
Tes ini terdiri
dari 4 butir tes yaitu : (a) Tes
Shuttle-run 4 x 10 meter. (b) Tes
lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok. (c) Tes Stork Stand Positional Balance, dan (d) Tes Lari Cepat 30
meter.
1.1
Tes
Shuttle Run 4 x 10 meter
Tujuan : Mengukur kelincahan dalam bergerak
mengubah arah. Alat/fasilitas : Stop watch, lintasan yang lurus dan
datar dengan jarak 10 meter
Pelaksanaan : Start dilakukan dengan berdiri. Pada
aba-aba "bersedia" orang coba berdiri dengan salah satu ujung jari
sedekat mungkin dengan garis start.
1.2.
Tes
Lempar Tangkap bola jarak 1 meter ke tembok
Tujuan : Mengukur kemampuan koordinasi mata dan
tangan. Alat/fasilitas : Bola tenis, stop watch dan tembok yang rata.
Pelaksanaan : Subyek berdiri di belakang garis batas
sambil memegang bola tenis dengan kedua tangan di depan dada. Aba-aba "ya" subyek dengan segera
melakukan lempar tangkap ke dinding selama 30 detik.
Skor : Dihitung jumlah tangkapan bola yang dapat dilakukan selama 30
detik.
1.3.
Tes
Stork Stand Positional Balance
Tujuan : Mengukur keseimbangan tubuh. Alat/fasilitas : Stop watch
Pelaksanaan : Subyek berdiri dengan tumpuan kaki kiri,
kedua tangan bertolak pinggang, kedua mata dipejamkan, lalu letakkan kaki kanan
pada lutut kaki kiri sebelah dalam. Pertahankan sikap tersebut selama mungkin.
Skor : Dihitung waktu yang dicapai dalam mempertahankan
sikap di atas sampai dengan tanpa memindahkan kaki kiri dari tempat semula.
1.4.
Tes
Lari Cepat 30 meter
Tujuan : Mengukur kecepatan lari . Alat/fasilitas : Stop watch, lintasan lurus tanah rata
sejauh 30 meter, bendera .
Pelaksanaan : Start dilakukan dengan berdiri. Pada
aba-aba "bersedia" subyek berdiri dengan salah satu ujung jari
kakinya sedekat mungkin dengan garis start. Aba-aba "siap" subyek
siap untuk lari menuju garis finish dengan jarak 30 meter, sampai melewati
garis finish.
Skor : Dihitung waktu yang ditempuh dalam melakukan lari sejauh 30
meter.
2.
Tes
Motor Educability
Motor Educability :
Motor Educability : adalah kemampuan seseorang
untuk mempelajari gerakan yang baru (new motor skill). KuaIitas kemampuan motor educability
memberikan gambaran kemampuan seseorang dalam mempelajari gerakan baru dengan
mudah. Makin tinggi kemampuan educabilitynya, semakin mudah pula penguasaan
gerakan baru. Fungsinya untuk
pengelompokkan keterampilan gerak secara homogen.
Ada 20 Jenis Tes Motor Educability.
1.
One
Foot - Touch Head :
Gerakan One foot-touch head diawali dengan berdiri dengan kaki kiri, kemudian membongkok ke depan dan
letakkan kedua tangan kelantai. Angkat kaki kanan lurus ke belakang. Kepala
menyentuh lantai. Selanjutnya kembali berdiri tanpa kehilangan keseimbangan.
Gagal bila :
a.
Kepala tidak menyentuh lantai.
b.
Kehilangan keseimbangan.
c.
Kaki kanan menyentuh lantai
2.
Side
Learning Rest :
Gerakan Side Leraning Rest diawali
dengan duduk telunjur, kedua kaki rapat. Letakkan tangan kanan di belakang
tubuh kelantai. Selanjutnya miringkan ke kanan sampai tubuh terangkat bertumpu
pada tangan dan kaki kanan. Kemudian angkat tangan dan kaki kiri keatas,
pertahankan sampai hitungan kelima.
Gagal bila :
a.
Tidak bersikap sebagaimana seharusnya.
b.
Tidak mampu melakukan sampai hitungan
kelima
3.
Graspevine
:
Gerakan Graspevine diawali dengan
berdiri tegak kedua tumit rapat. Kemudian bongkokkan badan ke depan sambil
memasukan kedua tangan dengan jari-jari saling berkaitan di antara kedua lutut
sampai berada di belakang pergelangan kaki. Pertahankan sikap ini sampai 5
detik.
Gagal bila :
a.
Kehilangan keseimbangan.
b.
Kedua tangan tidak sampai dipergelangan
kaki dan jari-jari tidak saling berkaitan
c.
Tidak mampu melakukan (mempertahankan)
selama 5 detik .
4.
One -
Knee Balance :
Gerakan One-knee balance diawali dengan
menoleh ke kanan. Berlutut dengan satu kaki (baik kiri atau kanan) sedang kaki
lain diangkat lurus ke belakang. Kedua lengan lurus ke samping setinggi bahu.
Pertahankan sampai hitungan ke lima.
Gagal bila :
a.
Ada sebagian anggota badan menyentuh
lantai selain lutut dan ujung kaki tumpu.Kehilangan keseimbangan.
b.
Tidak mampu bertahan sampai hitungan ke
lima.
5.
Strok
Stand :
Gerakan strock stand diawali dengan
berdiri dengan kaki kiri. Letakkan telapak kaki kanan pada lutut kaki kiri.
Kedua tangan bertolak pinggang. Pejamkan
mata dan pertahankan sikap ini selama 10 detik tanpa memindahkan kaki kiri dari
tempatnya semula.
Gagal bila :
a.
Kehilangan keseimbangan.
b.
Melepaskan telapak kaki kanan dari lutut
kaki kiri.
c.
Membuka mata dan melepas tangan dari
pinggang.
6.
Double
Heel Click :
Gerakan double heel click di awali
dengan melompat ke atas dan sambil menepukkan kedua kaki sebanyak 2 kali, kemudian berdiri tegak kembali dengan posisi
kangkang.
Gagal bila :
a.
Kedua kaki tidak hertepuk 2 kali.
b.
Waktu jatuh kedua kaki saling
bersentuhan.
7.
Cross
- Leg Squat :
Gerakan cross-leg squat diawali dengan
melipat kedua tangan di dada. Silangkan kedua kaki, kemudian duduk dengan sikap
bersila. Selanjutnya berdiri kembali dengan tidak melepaskan lipatan tangan dan
silangan kaki.
Gagal bila :
a.
Kehilangan keseimbangan.
b.
Tangan tidak tetap berlipat pada dada.
c.
Tidak mampu berdiri kembali.
8.
Full
Left Turn :
Gerakan full-left turn diawali dengan
berdiri dengan kaki rapat. Lompat ke atas sambil berputar ke kiri 360 derajat,
usahakan jatuh pada tempat semula. Jagalah keseimbangan saat menyentuh lantai
jangan sampai kaki berpindah tempat.
Gagal bila :
a.
Tidak berputar 360 derajat.Setelah jatuh
kaki berpindah tempat.
b.
Kehilangan keseimbangan.
9.
One
Knee - Head to Floor :
Gerakan one knee – head to floor diawali
dengan berlutut dengan satu kaki,
kaki yang lain diangkat lurus ke belakang tanpa menyentuh lantai. Kedua tangan
rentangkan ke samping setinggi bahu. Bongkokkan tubuh ke depan, sehingga kepala
mengenai lantai. Kembali ke sikap semula dengan tanpa keseimbangan.
Gagal bila :
a.
Ada anggota badan lain menyentuh lantai
selain kepala dan lutut kaki tumpu.
b.
Kehilangan keseimbangan. Tidak
menyentuhkan kepala pada lantai .
10.
Hop
Backward :
Gerakan hop backward diawali dengan berdiri
dengan satu kaki dengan mata tertutup melompat ke belakang lima kali.
Gagal bila :
a.
Membuka mata.
b.
Kaki yang diangkat menyentuh lantai .
11.
Forward
Hand Kick :
Gerakan forward hand kick diawali dengan Melompat setinggi-tingginya sambil
mengayunkan kedua kaki (lutut lurus) ke depan, sampai menyentuh kedua jari
tangan sebelum lompatan berakhir.
Gagal bila :
a.
Tidak menyentuh kedua ujung jari kaki
sewaktu di udara.
b.
Membengkokkan lututnya lebih dari 45
derajat .
12.
Full
Squat - Arm Circle :
Gerakan full squat-arm circle diawali
dengan sikap jongkok, kedua tangan ke samping setinggi bahu, kedua lengan
berputar membuat lingkaran bergaris tengah ± 30 cm, dan bersamaan itu tubuh
diturun-naikkan. Lakukan sampai 10 hitungan.
Gagal bila :
a.
Memindahkan kaki.
b.
Kehilangan keseimbangan dan jatuh.
13.
Half
- Turn Jurop-Left Foot :
Gerakan half-turn jurop-left foot
diawali dengan berdiri pada kaki kiri, selanjutnya melompat sambil berputar 1800
ke arah kiri.
Gagal bila :
a.
Kehilangan keseimbangan.
b.
Gagal dalam usahanya membuat putaran 1800
ke kiri.
c.
Kaki kanan menyentuh lantai .
14.
Side
Kick :
Gerakan side kick diawali dengan
bertumpu dengan kaki kanan, kaki kiri diayunkan ke arah kiri sambil melompat
usahakan saat di udara kaki kanan
menyentuh kaki kiri. Jatuh dengan kaki kangkang.
Gagal bila :
a.
Kaki kiri tidak cukup diayun.
b.
Tidak menyentuhkan kedua kaki sewaktu di
udara.
c.
Jatuh tidak dengan kaki kangkang.
15.
Knee
Jump to Feet :
Gerakan knee jump to feet diawali dengan
berlutut kedua kaki dengan ujung jari di lantai. Kemudian melompat ke atas
sambil mengayunkan kedua lengan ke atas tanpa mengubah sikap ujung kaki
terlebih dahulu sehingga tubuh berdiri tegak.
Gagal bila :
a.
Mengubah sikap ujung-ujung jari kaki.
b.
Tidak mampu melompat.
c.
Posisi badan tidak stabil.
16.
Rusian
Dance :
Gerakan rusian dance diawali dengan Jongkok sambil meluruskan satu kaki
sambil berjalan, melompat dan bertukar kaki (seperti tarian Rusia) sebanyak 4
kali. Setiap kaki mendapat giliran 2 kali. Tumit yang lurus di depan boleh
tersentuh lantai, sedangkan tumit yang dilipat harus mengenai pantat. Gagal bila :
a.
Kehilangan keseimbangan.
b.
Masing-masing kaki tidak melakukan 2
kali latihan.
17.
Full
Right Turn :
Gerakan full right turn diawali dengan
berdiri kedua kaki rapat. Kemudian melompat ke atas sambil berputar 3600 kearah
kanan, usahakan jatuh pada tempat semula.
Jagalah keseimbangan saat menyentuh lantai (jangan sampai kaki kanan
berpindah tempat).
Gagal bila :
a.
Tidak berputar 3600.
b.
Setelah jatuh kaki berpindah tempat.
c.
Kehilangan keseimbangan
18.
The
Top :
Gerakan the top diawali dengan Duduk
bersila kedua tangan menyilang memegang kedua pergelangan kaki selanjutnya
dengan cepat berguling ke arah kanan dan ke kiri.
Gagal bila :
a.
Terlepas pegangan tangan pada
pergelangan kaki.
b.
Putaran tidak dilakukan dengan lengan
sempurna .
19.
Single
Squat Balance :
Gerakan single squat balance diawali
dengan Jongkok dengan satu kaki, kaki yang lain diluruskan ke depan tanpa menyentuh
lantai. Kedua tangan di pinggang pertahankan sampai hitungan kelima.
Gagal bila :
a.
Tangan tidak dipinggang lagi.
b.
Kaki yang lurus ke muka mengenai lantai.
c.
Kahilangan keseimbangan
20.
Jump
Foot :
Gerakan jump foot diawali dengan Berdiri
dengan satu kaki. Ibu jari dipegang oleh tangan yang berlawanan dimuka tubuh.
Lompat ke atas dan usahakan kaki yang bebas melewati kaki yang dipegang tanpa
melepaskan pegangannya.
Gagal bila :
a.
Pegangannya terlepas.
b.
Tidak melompati kaki yang dipegang
PENGUKURAN ABILITY DAN MOTOR EDUCABILITY
Reviewed by Magister Olahraga
on
06.10.00
Rating:
ok banget informasinyam trimakasih sangat berguna
BalasHapusTerimakasih, informasi ini sangat membantu
BalasHapusTerimakasih sharing nya
BalasHapus