PROFIL PRODI S2 KEGURUAN OLAHRAGA JPOK FKIP UNLAM
SEJARAH SINGKAT
Program Studi S2 Keguruan Olahraga bernaung dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), berdiri sejak Tahun 2014 melalui
Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 445/E.E2/DT/2014 yang merupakan pengembangan program S1 Jurusan Pendidikan
Olahraga Kesehatan (JPOK) FKIP Unlam.
Dalam rangka
menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di wilayah
Kalimantan Selatan dan sekitarnya, serta menimbang bahwa Unlam telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan
pendidikan tinggi, maka pemerintah RI cq.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
memberi mandat kepada Unlam untuk menyelenggarakan program studi Keguruan
Olahraga (S2). Selanjutnya mengingat kebutuhan bagi terselenggaranya program studi tersebut sangat
strategis untuk Indonesia, maka untuk
pelaksanaan mandat ini dilakukan langkah persiapan yang diperlukan baik secara administratif
maupun akademik dengan memperlihatkan ketentuan pada Peraturan Presiden No. 8
Tahun 2012 tentang KKNI khususnya yang berkenaan dengan deskripsi setiap
jenjang kualifikasi.
Selain itu perubahan tersebut bukan
hanya sekedar perubahan nama, melainkan perubahan yang bersifat menyeluruh
meliputi perubahan visi, misi dan tujuan, kurikulum, proses pembelajaran,
penggunaan sumberdaya manusia, infrastruktur dan jejaring kerja. Perubahan
proses pembelajaran Sejak tahun akademik 2008/2009 Program studi Agribisnis
menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran yang
bersifat Student Centered Learning (SCL). Mulai tahun akademik 2014/2015,
kurikulum berbasis kompetensi ini mengalami penyesuaian pula dengan munculnya
Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT).
KURIKULUM
Struktur kurikulum program studi Magister (S2)
Keguruan Olahraga FKIP Unlam :
NO
|
KODE
|
MK LANDASAN KEAHLIAN (MKLK)
|
SKS
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
PS 501
|
FILSAFAT ILMU
|
2
|
a
|
|||
2
|
PS 502
|
METODOLOGI PENELITIAN
|
4
|
a
|
|||
3
|
PS 504
|
STATISTIKA
|
3
|
a
|
|||
JUMLAH
|
9
|
||||||
NO
|
KODE
|
MK KEAHLIAN UTAMA (MKKU) WAJIB
|
SKS
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
4
|
OR 601
|
TEORI BELAJAR GERAK (MOTOR
LEARNING)
|
3
|
a
|
|||
5
|
OR 602
|
ILMU KEPELATIHAN OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
6
|
OR 603
|
MODEL PEMBELAJARAN PENJAS &
OLAHRAGA (MODELS-OF TEACHING)
|
2
|
a
|
|||
7
|
OR 604
|
SPORT MEDICINE
|
2
|
a
|
|||
8
|
OR 605
|
MANAJEMEN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
9
|
OR 606
|
PSIKOLOGI OLAHRAGA:DIMENSI
PSIKO-SOSIAL OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
10
|
OR 607
|
BIOMEKANIKA OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
11
|
OR 608
|
PEDAGOGI OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
12
|
OR 609
|
FISIOLOGI OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
13
|
OR 610
|
ETIKA & KARAKTER DALAM
PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
14
|
OR 611
|
PENGEMBANGAN KURIKULUM &
EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI / OLAHRAGA
|
2
|
a
|
|||
JUMLAH
|
7
|
16
|
|||||
NO
|
KODE
|
TUGAS AKHIR (KARYA TULIS)
|
SKS
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
15
|
OR 612
|
PROPOSAL TESIS
|
5
|
√
|
|||
16
|
OR 613
|
SEMINAR
|
5
|
√
|
|||
17
|
OR 614
|
KARYA ILMIAH
|
10
|
√
|
|||
18
|
OR 615
|
PENELITIAN DAN PENULISAN TESIS
|
20
|
√
|
|||
JUMLAH
|
16
|
16
|
20
|
20
|
|||
JUMLAH TOTAL SKS YANG HARUS
DIAMBIL MAHASISWA
|
72
|
72 SKS
|
DOSEN
Dosen pengajar program
Magister (S2) Keguruan
Olahraga JPOK FKIP Unlam :
No
|
Nama Dosen
|
Jabatan Akademik
|
Pendidikan Terakhir
|
Bidang Keahlian
|
1
|
Prof. Dr. H.Sutarto Hadi,
M.Sc
|
Guru
Besar
|
S-3
|
Statistika
|
2
|
Dr. Chairil Paif, M.Sc
|
Lektor
Kepala
|
S-3
|
Matematika
|
3
|
Prof .Dr. H.Soeratno, M.Pd
|
Guru
Besar
|
S-3
|
Statistika Pendidikan
|
4
|
Dr. AR.Shadiqin, M.Kes
|
Lektor
Kepala
|
S-3
|
Kesehatan Olahraga
|
5
|
Dr. Tri Irianto, M.Kes
|
Lektor Kepala
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
6
|
Dr. Herita Warni, M.Pd
|
Lektor Kepala
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
7
|
Dr. H.Syamsul Arifin, M.Pd
|
Lektor Kepala
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
8
|
Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd
|
Lektor
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
9
|
Prof .Dr. H.Adang Suherman,
MA
|
Guru
Besar
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
10
|
Prof. Dr. H.Rusli Lutan
|
Guru
Besar
|
S-3
|
Pend Jasmani/Olahraga
|
TIM PENGELOLA
ADMINISTRASI PRODI MAGISTER S2 KEGURUAN OLAHRAGA
Guna kelancaran dibidang administrasi pada prodi Magister S2 Keguruan
Olahraga, maka diperlukan tim untuk mengelola bagian administrasi. Adapun yang
berperan dalam tim tersebut adalah sebagai berikut :
No
|
Nama
|
Jenjang Pendidikan
|
Bidang Ilmu
|
Jabatan
|
Status Kepegawaian
|
1
|
Dr.Ma'ruful
Kahri, M.Pd
|
S-3
|
Pen Jasmani & Olahraga
|
Ketua Prodi
|
PNS
|
2
|
Dr.AR.Shadiqin,
M.Kes
|
S-3
|
Pen Jasmani & Olahraga
|
Sekretaris
|
PNS
|
3
|
Rezha
Maulani, S.Kom
|
S-1
|
Komputer
|
Operator/Staf Administrasi
|
Honor
|
VISI,
MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI MAGISTER KEGURUAN
OLAHRAGA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.
Visi :
Sesuai
dengan visi FKIP Unlam, maka visi penyelenggaraan Program Pasca Sarjana Keguruan Olahraga FKIP Universitas Lambung Mangkurat adalah
menjadikan FKIP Unlam sebagai salah satu penyelenggara pendidikan pascasarjana
di Indonesia bidang Keguruan Olahraga yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset,
kependidikan dan keguruan serta kepelatihan olahraga sehingga mampu
menghasilkan lulusan yang bermutu melalui penguasaan teori maupun praktik.
Misi :
a. Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan, dan proses
pendidikan yang efektif dan efisien dalam suasana akademik dan edukatif
berdasarkan prosedur yang rasional, transparan, dan baku untuk menghasilkan
tenaga kependidikan dan tenaga ahli yang profesional dalam bidang Pendidikan
Jasmani dan Olahraga serta mampu bersaing secara global.
b. Mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil sebagai
sumbangsih bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Jasmani dan
Olahraga pada berbagai tingkatan pendidikan
melalui berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah.
c. Mengupayakan penerapan dan transformasi gagasan-gagasan
baru dan segar dalam bidang pendidikan, pembelajaran, supervisi, dan manajemen
Pendidikan Jasmani dan Olahraga kepada masyarakat untuk memperbaiki
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran pada berbagai tingkat pendidikan.
Tujuan :
a. Menghasilkan lulusan yang bermutu, yaitu pendidik dan
tenaga kependidikan dalam bidang studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga untuk
berbagai tingkat pendidikan yang mampu mengikuti tuntutan perkembangan zaman,
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan informasi, serta mampu mengembangkan
gagasan-gagasan baru dan orisinil bagi perkembangan pendidikan jasmani dan
perkembangan olahraga melalui penelitian dan forum ilmiah. Mampu menerapkan dan
mentransformasikan gagasan-gagasan itu untuk memperbaiki penyelenggaraan
pendidikan dan/atau proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
b. Mengembangkan ilmu pendidikan dan pembelajaran bidang
studi pendidikan jasmani dan olahraga untuk berbagai tingkat pendidikan melalui
perkuliahan, bimbingan penelitian, diskusi, dan berbagai forum ilmiah.
c. Menghasilkan karya yang dapat diterapkan dan
ditransformasikan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses
pembelajaran pendidikan jasmani dan manajemen penyelenggaran olahraga, serta
dapat meningkatkan hubungan sinergis dengan lembaga lain, dan masyarakat pengguna,
yang diutamakan bersumber dari hasil penelitian yang berkualitas.
Sasaran yang hendak
dicapai :
·
Terbentuknya materi pengajaran yang akomodatif
dan responsif terhadap perkembangan terkini dari riset akademik, riset terapan
dan praktek profesi dibidang Pendidikan
Jasmani dan Olahraga.
·
Terciptanya iklim akademik yang mendorong
inovasi dan pengembangan keilmuan maupun praktik bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
·
Terbentuknya kerjasama pendidikan, penelitian
dan pengabdian masyarakat dengan instansi
terkait .
Manfaat
Program Studi Magister S2 Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam)
Manfaat utama dari berdirinya Program Studi Magister Keguruan Olahraga ini adalah terpenuhinya Sumber Daya Manusia di
bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga dibutuhkan oleh semua sektor pendidikan di Indonesia pada umumnya dan wilayah Provinsi Kalimantan
Selatan pada khususnya, melalui perannya dalam peningkatan kualitas dan
kredibilitas informasi Pendidikan Jasmani dan
Olahraga.
Kualifikasi Hasil Pendidikan (Learning
Outcomes) Program Magister (S2) Keguruan
Olahraga :
Program Pendidikan Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) sesuai dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (Level 8)
menyatakan bahwa kompetensi lulusan adalah menghasilkan Magister Keguruan
Olahraga
(JPOK FKIP Unlam) yang :
1. Mampu mengembangkan Pendidikan Jasmani dan Olahraga atau
praktek profesionalnya melalui riset sehingga menghasilkan karya inovatif dan
teruji.
2. Mampu memecahkan permasalahan proses belajar mengajar yang kompleks
dengan memanfaatkan pendidikan jasmani
dan olahraga melalui pendekatan inter-atau multidisiplin.
Mampu mengelola riset yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan
dan layak dipublikasikan di tingkat nasional atau international, dalam bentuk
publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.
FASILITAS
Gedung baru 2 (dua) lantai dengan fasilitas terdiri
dari ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan multimedia proyektor (LCD) dan
Air Conditioner (AC), Ruang baca, ruang dosen, ruang bimbingan, ruang
rapat/diskusi, ruang multimedia, internet access (Wifi-Hotspot) dan
Laboratorium computer. Laboratorium Physical Fitness, Mushalla, toilet dan
parkir yang luas.
A.
Jenis
dan Ragam Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan perantara
untuk mempermudah dan memperlancar
keberhasilan proses
pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran
secara efektif dan
efisien. Peranan media pembelajaran sangat penting
dalam
proses
belajar mengajar. Media pembelajaran
di Program Studi Magister Keguruan
Olahraga (JPOK FKIP Unlam) ini dapat
dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu :
1)
Media
Audio-visual
Merupakan jenis
media yang digunakan
dalam kegiatan pembelajaran
dengan melibatkan
pendengaran dan penglihatan
sekaligus dalam satu
proses dan kegiatan. Media audio-visual berupa OHP, LCD,
Wireless Microphone dan Sound System di pergunakan pada perkuliahan di ruang
kelas biasa di Program Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam).
2)
Multimedia
Adalah
media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan
secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia
melibatkan indera penglihatan
dan pendengaran melalui media
teks, visual diam, visual gerak, dan
audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi komunikasi dan informasi. Di Prodi
Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP
Unlam) media pembelajaran multimedia dipergunakan pada perkuliahan di ruangan
Laboratorium fitness yang antara lain dipergunakan untuk pembelajaran mata
kuliah Sistem Informasi dan tehlogi proses belajar mengajar dan kepelatihan
olahraga.
Program Magister Keguruan Olahraga (JPOK
FKIP Unlam) yang diusulkan ini
memutuskan untuk memilih
jenis media yang
akan digunakan yaitu berupa (1) Media
Audio-Visual dan (2) Multimedia dengan memperhatikan beberapa pertimbangan
sebagai berikut:
1) Tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai. Media yang dipilih hendaknya dapat membantu
secara efektif dan optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2) Metode
pembelajaran yang digunakan.
Untuk
itu ada beberapa kriteria dalam memilih
media, antara lain :
1) Sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
2) Tepat
untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau
generalisasi.
3) Praktis,
luwes dan bertahan.
4) Staf
Pengajar/Dosen terampil
menggunakannya.
Peralatan Media
Pembelajaran Audio-Visual dan Multimedia yang akan dipergunakan di Program
Studi Magister S2 Keguruan Olahraga adalah :
1) Peralatan
proyeksi (optik) terdiri dari: Overhead projector
(OHP) dan Proyektor film bingkai (slide
projector).
2) Peralatan
elektronik terdiri dari:
a. Perekam
kaset audio (cassette recorder).
b. Amplifier.
c. Loudspeaker.
d. Perekam
kaset audio sinkron (cassette synchrocorder).
e. Perekam
pita video (video tape recorder).
f. Perekam
kaset video (video cassette recorder).
g. Piringan
video (video disc).
Data tentang media pembelajaran yang ada di ruang kuliah Prodi Magister S2
Keguruan Olahraga
UNLAM dijelaskan pada tabel berikut :
Daftar Alat
Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran
Nama Alat Pembelajaran Yang Tersedia
|
Jumlah
|
UKPJ
|
LCD
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Papan Tulis
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Meja dan Kursi Kuliah
|
40
|
FKIP UNLAM
|
OHP
|
1
|
FKIP UNLAM
|
Laptop/Komputer Jinjing
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Sound System/Wireless
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Meja dan Kursi Untuk Dosen
|
2
|
FKIP UNLAM
|
AC /Pendingin Ruangan
|
2
|
FKIP UNLAM
|
B. Fasilitas yang Tersedia Di Ruang
Administrasi Pengelola
Ruang kantor bagi pengelola Program
Magister S2 keguruan Olahraga dan ruang
administrasi kegiatan di Program
Studi Magister S2 Keguruan Olahraga tersedia khusus dengan luas ruangan 50 M2. Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi mak ruangan
tersebut dilengkapi dengan fasilitas telepon dan direncanakan
memiliki jaringan informasi online. Fasiltas yang tersedia
dijelaskan pada tabel berikut :
Daftar fasilitas
yang tersedia di ruang Administrasi Pengelola
Nama
Alat/Barang
|
Jumlah (Unit)
|
UKPJ
|
Papan Tulis
|
1
|
FKIP UNLAM
|
Meja dan Kursi Kerja
|
10
|
FKIP UNLAM
|
Lemari
|
4
|
FKIP UNLAM
|
Laptop/Komputer Jinjing
|
2
|
FKIP UNLAM
|
AC /Pendingin Ruangan
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Televisi
|
1
|
FKIP UNLAM
|
Printer
|
2
|
FKIP UNLAM
|
Komputer Desktop
|
2
|
FKIP UNLAM
|
PROFIL PRODI S2 KEGURUAN OLAHRAGA JPOK FKIP UNLAM
Reviewed by Magister Olahraga
on
23.53.00
Rating:
maju terus S2 Keguruan JPOK FKIP ULM
BalasHapusS2 PJOK unlam msh nerima mahasiswa baru..?
BalasHapusKapan ada penerimaan S2 Olahraga di Unlam
BalasHapusPingin juga lanjut Ngambil S2 Olahrahraga
BalasHapus