PROFIL PRODI S2 KEGURUAN OLAHRAGA JPOK FKIP UNLAM




SEJARAH SINGKAT
Program Studi  S2 Keguruan Olahraga  bernaung dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), berdiri sejak Tahun 2014 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 445/E.E2/DT/2014  yang merupakan  pengembangan program S1 Jurusan Pendidikan Olahraga Kesehatan (JPOK) FKIP Unlam.
Dalam rangka menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di wilayah Kalimantan Selatan dan sekitarnya, serta menimbang bahwa Unlam telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, maka pemerintah RI cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberi mandat kepada Unlam untuk menyelenggarakan program studi Keguruan Olahraga (S2). Selanjutnya mengingat kebutuhan bagi terselenggaranya program studi tersebut sangat strategis untuk Indonesia, maka untuk pelaksanaan mandat ini dilakukan langkah persiapan yang diperlukan baik secara administratif maupun akademik dengan memperlihatkan ketentuan pada Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI khususnya yang berkenaan dengan deskripsi setiap jenjang kualifikasi.
Selain itu perubahan tersebut bukan hanya sekedar perubahan nama, melainkan perubahan yang bersifat menyeluruh meliputi perubahan visi, misi dan tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, penggunaan sumberdaya manusia, infrastruktur dan jejaring kerja. Perubahan proses pembelajaran Sejak tahun akademik 2008/2009 Program studi Agribisnis menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning (SCL). Mulai tahun akademik 2014/2015, kurikulum berbasis kompetensi ini mengalami penyesuaian pula dengan munculnya Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT).

KURIKULUM
Struktur kurikulum program studi Magister (S2) Keguruan Olahraga FKIP Unlam :
NO
KODE
MK LANDASAN KEAHLIAN (MKLK)
SKS
SEMESTER
1
2
3
4
1
PS 501
FILSAFAT ILMU
2
a



2
PS 502
METODOLOGI PENELITIAN
4
a



3
PS 504
STATISTIKA
3
a




JUMLAH

9



NO
KODE
MK KEAHLIAN UTAMA (MKKU) WAJIB
SKS
SEMESTER
1
2
3
4
4
OR 601
TEORI BELAJAR GERAK (MOTOR LEARNING)
3
a



5
OR 602
ILMU  KEPELATIHAN OLAHRAGA
2
a



6
OR 603
MODEL PEMBELAJARAN PENJAS & OLAHRAGA (MODELS-OF TEACHING)
2
a



7
OR 604
SPORT MEDICINE
2

a


8
OR 605
MANAJEMEN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
2

a


9
OR 606
PSIKOLOGI OLAHRAGA:DIMENSI PSIKO-SOSIAL OLAHRAGA
2

a


10
OR 607
BIOMEKANIKA OLAHRAGA
2

a


11
OR 608
PEDAGOGI OLAHRAGA
2

a


12
OR 609
FISIOLOGI  OLAHRAGA
2

a


13
OR 610
ETIKA & KARAKTER DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
2

a


14
OR 611
PENGEMBANGAN KURIKULUM & EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI / OLAHRAGA
2

a



JUMLAH

7
16


 NO
KODE
TUGAS AKHIR (KARYA TULIS)
SKS
SEMESTER
1
2
3
4
15
OR 612
PROPOSAL TESIS
5



16
OR 613
SEMINAR
5



17
OR 614
KARYA ILMIAH
10



18
OR 615
PENELITIAN DAN PENULISAN TESIS
20



 √

JUMLAH

16 
 16
20
 20

JUMLAH TOTAL SKS YANG HARUS DIAMBIL MAHASISWA
72
72 SKS 


DOSEN
Dosen pengajar program Magister (S2) Keguruan Olahraga JPOK FKIP Unlam :

No
Nama Dosen
Jabatan Akademik
Pendidikan Terakhir
Bidang Keahlian
1
Prof. Dr. H.Sutarto Hadi, M.Sc
Guru Besar
S-3
Statistika
2
Dr. Chairil Paif, M.Sc
Lektor Kepala
S-3
Matematika
3
Prof .Dr. H.Soeratno, M.Pd
Guru Besar
S-3
Statistika Pendidikan
4
Dr. AR.Shadiqin, M.Kes
Lektor Kepala
S-3
Kesehatan Olahraga
5
Dr. Tri Irianto, M.Kes
Lektor Kepala
S-3
Pend Jasmani/Olahraga
6
Dr. Herita Warni, M.Pd
Lektor Kepala
S-3
Pend Jasmani/Olahraga
7
Dr. H.Syamsul Arifin, M.Pd
Lektor Kepala
S-3
Pend Jasmani/Olahraga
8
Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd
Lektor
S-3
Pend Jasmani/Olahraga
9
Prof .Dr. H.Adang Suherman, MA
Guru Besar
S-3
Pend Jasmani/Olahraga
10
Prof. Dr. H.Rusli Lutan
Guru Besar
S-3
Pend Jasmani/Olahraga


TIM PENGELOLA ADMINISTRASI PRODI MAGISTER S2 KEGURUAN OLAHRAGA

            Guna kelancaran dibidang administrasi pada prodi Magister S2 Keguruan Olahraga, maka diperlukan tim untuk mengelola bagian administrasi. Adapun yang berperan dalam tim tersebut adalah sebagai berikut :

No
Nama
Jenjang Pendidikan
Bidang Ilmu
Jabatan
Status Kepegawaian
1
Dr.Ma'ruful Kahri, M.Pd
S-3
Pen Jasmani & Olahraga
Ketua Prodi
PNS
2
Dr.AR.Shadiqin, M.Kes
S-3
Pen Jasmani & Olahraga
Sekretaris
PNS
3
Rezha Maulani, S.Kom
S-1
Komputer
Operator/Staf Administrasi
Honor


VISI, MISI DAN TUJUAN  PROGRAM STUDI MAGISTER KEGURUAN OLAHRAGA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.

Visi : 
Sesuai dengan visi FKIP Unlam, maka visi penyelenggaraan Program Pasca Sarjana Keguruan Olahraga  FKIP Universitas Lambung Mangkurat adalah menjadikan FKIP Unlam sebagai salah satu penyelenggara pendidikan pascasarjana di Indonesia bidang Keguruan Olahraga yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, kependidikan dan keguruan serta kepelatihan olahraga sehingga mampu menghasilkan lulusan yang bermutu melalui penguasaan teori maupun praktik.

Misi :
a.    Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan, dan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam suasana akademik dan edukatif berdasarkan prosedur yang rasional, transparan, dan baku untuk menghasilkan tenaga kependidikan dan tenaga ahli yang profesional dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta mampu bersaing secara global.
b.    Mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil sebagai sumbangsih bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada berbagai tingkatan pendidikan  melalui berbagai kegiatan penelitian dan forum ilmiah.
c.    Mengupayakan penerapan dan transformasi gagasan-gagasan baru dan segar dalam bidang pendidikan, pembelajaran, supervisi, dan manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga kepada masyarakat untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran pada berbagai tingkat pendidikan.

Tujuan :
a.    Menghasilkan lulusan yang bermutu, yaitu pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga untuk berbagai tingkat pendidikan yang mampu mengikuti tuntutan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan informasi, serta mampu mengembangkan gagasan-gagasan baru dan orisinil bagi perkembangan pendidikan jasmani dan perkembangan olahraga melalui penelitian dan forum ilmiah. Mampu menerapkan dan mentransformasikan gagasan-gagasan itu untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
b.    Mengembangkan ilmu pendidikan dan pembelajaran bidang studi pendidikan jasmani dan olahraga untuk berbagai tingkat pendidikan melalui perkuliahan, bimbingan penelitian, diskusi, dan berbagai forum ilmiah.
c.    Menghasilkan karya yang dapat diterapkan dan ditransformasikan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran pendidikan jasmani dan manajemen penyelenggaran olahraga, serta dapat meningkatkan hubungan sinergis dengan lembaga lain, dan masyarakat pengguna, yang diutamakan bersumber dari hasil penelitian yang berkualitas.

Sasaran yang hendak dicapai :
·     Terbentuknya materi pengajaran yang akomodatif dan responsif terhadap perkembangan terkini dari riset akademik, riset terapan dan praktek profesi dibidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
·     Terciptanya iklim akademik yang mendorong inovasi dan pengembangan keilmuan maupun praktik bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
·     Terbentuknya kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan instansi  terkait .

Manfaat Program Studi Magister S2 Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam)
Manfaat utama dari berdirinya Program Studi Magister Keguruan Olahraga  ini adalah terpenuhinya Sumber Daya Manusia di bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga dibutuhkan oleh semua sektor pendidikan di Indonesia pada umumnya dan wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada khususnya, melalui perannya dalam peningkatan kualitas dan kredibilitas informasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Kualifikasi Hasil Pendidikan (Learning Outcomes) Program Magister (S2) Keguruan Olahraga :
Program Pendidikan Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) sesuai dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia  (Level 8)  menyatakan bahwa kompetensi lulusan adalah menghasilkan  Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) yang  :
1.    Mampu mengembangkan Pendidikan Jasmani dan Olahraga atau praktek profesionalnya melalui riset sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
2.    Mampu memecahkan permasalahan proses belajar mengajar yang kompleks dengan  memanfaatkan pendidikan jasmani dan olahraga melalui pendekatan inter-atau multidisiplin.
Mampu mengelola riset yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional atau international, dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.





FASILITAS

Gedung baru 2 (dua) lantai dengan fasilitas terdiri dari ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan multimedia proyektor (LCD) dan Air Conditioner (AC), Ruang baca, ruang dosen, ruang bimbingan, ruang rapat/diskusi, ruang multimedia, internet access (Wifi-Hotspot) dan Laboratorium computer. Laboratorium Physical Fitness, Mushalla, toilet dan parkir yang luas.
A.      Jenis dan Ragam Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan perantara untuk mempermudah dan memperlancar keberhasilan proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran   secara   efektif   dan   efisien.  Peranan media  pembelajaran sangat  penting  dalam  proses belajar mengajar.  Media  pembelajaran  di Program Studi Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) ini dapat   dikelompokkan  menjadi 2  (dua) yaitu : 
1)        Media  Audio-visual
Merupakan jenis  media   yang   digunakan   dalam   kegiatan  pembelajaran   dengan   melibatkan pendengaran   dan   penglihatan   sekaligus  dalam   satu   proses   dan   kegiatan. Media audio-visual berupa OHP, LCD, Wireless Microphone dan Sound System di pergunakan pada perkuliahan di ruang kelas biasa di Program Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam).
2)        Multimedia 
Adalah media yang  melibatkan  beberapa jenis media dan peralatan secara   terintegrasi   dalam suatu proses atau  kegiatan pembelajaran. Pembelajaran   multimedia   melibatkan  indera   penglihatan   dan   pendengaran melalui media teks, visual diam, visual  gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi  komunikasi dan informasi. Di Prodi Magister  Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) media pembelajaran multimedia dipergunakan pada perkuliahan di ruangan Laboratorium fitness yang antara lain dipergunakan untuk pembelajaran mata kuliah Sistem Informasi dan tehlogi proses belajar mengajar dan kepelatihan olahraga.

Program Magister Keguruan Olahraga (JPOK FKIP Unlam) yang diusulkan ini  memutuskan   untuk  memilih   jenis   media   yang   akan  digunakan yaitu berupa (1) Media Audio-Visual dan (2) Multimedia dengan memperhatikan beberapa pertimbangan sebagai   berikut: 
1)   Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Media yang dipilih hendaknya dapat membantu secara efektif dan optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2)   Metode pembelajaran yang digunakan.

Untuk  itu ada beberapa kriteria dalam memilih  media, antara lain   :
1)   Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2)   Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
3)   Praktis, luwes dan bertahan.
4)   Staf Pengajar/Dosen  terampil menggunakannya. 

Peralatan Media Pembelajaran Audio-Visual dan Multimedia yang akan dipergunakan di Program Studi Magister S2 Keguruan Olahraga adalah :
1)   Peralatan proyeksi (optik) terdiri dari:  Overhead projector (OHP) dan Proyektor film   bingkai (slide projector).
2)   Peralatan elektronik terdiri dari:
a.    Perekam kaset audio (cassette recorder).
b.    Amplifier.
c.    Loudspeaker.
d.   Perekam kaset audio sinkron (cassette synchrocorder).
e.    Perekam pita video (video tape recorder).
f.     Perekam kaset video (video cassette recorder).
g.    Piringan video (video disc).

            Data tentang media pembelajaran yang ada di ruang kuliah Prodi Magister S2 Keguruan Olahraga UNLAM dijelaskan pada tabel berikut :

Daftar Alat Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran

Nama Alat Pembelajaran  Yang Tersedia
Jumlah
UKPJ
LCD
2
FKIP UNLAM
Papan Tulis
2
FKIP UNLAM
Meja dan Kursi Kuliah
40
FKIP UNLAM
OHP
1
FKIP UNLAM
Laptop/Komputer Jinjing
2
FKIP UNLAM
Sound System/Wireless
2
FKIP UNLAM
Meja dan Kursi Untuk Dosen
2
FKIP UNLAM
AC /Pendingin Ruangan
2
FKIP UNLAM


B.       Fasilitas yang Tersedia Di Ruang Administrasi Pengelola

Ruang kantor bagi pengelola Program Magister S2 keguruan Olahraga dan ruang administrasi kegiatan di Program Studi Magister S2 Keguruan Olahraga tersedia khusus dengan luas ruangan 50 M2. Untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi mak ruangan tersebut dilengkapi dengan fasilitas telepon dan direncanakan memiliki jaringan informasi online. Fasiltas yang tersedia dijelaskan pada tabel berikut :

Daftar fasilitas yang tersedia di ruang Administrasi Pengelola

Nama  Alat/Barang
Jumlah (Unit)
UKPJ
Papan Tulis
1
FKIP UNLAM
Meja dan Kursi Kerja
10
FKIP UNLAM
Lemari
4
FKIP UNLAM
Laptop/Komputer Jinjing
2
FKIP UNLAM
AC /Pendingin Ruangan
2
FKIP UNLAM
Televisi
1
FKIP UNLAM
Printer
2
FKIP UNLAM
Komputer Desktop 
2
FKIP UNLAM

PROFIL PRODI S2 KEGURUAN OLAHRAGA JPOK FKIP UNLAM PROFIL PRODI S2 KEGURUAN OLAHRAGA  JPOK FKIP UNLAM Reviewed by Magister Olahraga on 23.53.00 Rating: 5

4 komentar