FILSAFAT PENDIDIKAN
BAB I
FILSAFAT PENDIDIKAN
Materi
Kuliah Mahasiswa JPOK FKIP UNLAM
Tahun
Akademik 2016/2017
PENGERTIAN FILSAFAT PENDIDIKAN
Filsafat
dan pendidikan sebenarnya adalah dua istilah yang mempunyai makna sendiri.[2]
Akan tetapi ketika digabungkan akan menjadi sebuah tema yang baru dan khusus.[2]
Filsafat pendidikan tidak dapat dipisahkan dari ilmu filsafat secara umum.[2]
Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji.[2]
Ada banyak defisini mengenai filsafat
pendidikan tapi akhirnya semua mengatakan dan mengajukan soal kaidah-kaidah
berpikir filsafat dalam rangka menyelesaikan permasalahan pendidikan.[2]
Upaya ini kemudian menghasilan teori dan metode pendidikan untuk menentukan
gerak semua aktivitas pendidikan.[2]
MANFAAT FILSAFAT PENDIDIKAN
Pendidikan
dapat dibedakan menjadi dua wilayah yaitu humanisme
dan akademik.[2]
Sisi humanisme mengembangkan manusia dari segi ketrampilan dan praktik hidup.[2]
Sementara aspek akademik menekankan nilai kognitif dan ilmu murni.[2]
Keduanya merupakan aspek penting yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan.[2]
Filsafat pendidikan berperan untuk terus menganalisa dan mengkritisi aspek
akademik dan humanis demi sebuah pendidikan yang utuh dan seimbang.[2]
Filsafat pendidikan akan terus melakukan peninjauan terhadap proses pendidikan
demi perkembangan pendidikan yang mencetak manusia handal.[2]
OBJEK KAJIAN FILSAFAT PENDIDIKAN
Realitas pendidikan yang menjadi objek kajian filsafat
pendidikan antara lain:[2]
- Hakikat manusia ideal sebagai acuan pokok bagi pengembangan dan penyempunaan.[2]
- Pendidikan dan nilai-nilai yang dianut sebagai suatu landasan berpikir dan memengaruhi tatanan hidup suatu masyarakat.[2]
- Tujuan pendidikan sebagai arah pengembangan model pendidikan.[2]
- Relasi antara pendidik dan peserta didik sebagai subjek dan subjek.[2]
- Pemamahaman dan pelaksanaan kurikulum dalam pendidikan.[2]
- Metode dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.[2]
- Hubungan antara lembaga pendidikan dengan tatanan masyarakat dan organisasi serta situasi sosial sekitar.[2]
- Nilai dan pengetahuan sebagai aspek penting dalam pengajaran.[2]
- Kaitan antara pendidikan dengan kelas sosial dan kenaikan taraf hidup masyarakat.[2]
- Aliran-aliran filsafat yang dapat memberikan solusi atas masalah pendidikan.[2]
Pada
dasarnya filsafat pendidikan membicarakan tiga masalah pokok.[1]
Pertama, apakah sebenarnya pendidikan itu.[1].
Kedua, apakah tujuan pendidikan yang sejati.[1]
Ketiga, dengan metode atau cara apakah tujuan pendidikan dapat tercapai.[1]
RUANG LINGKUP FILSAFAT PENDIDIKAN
Para ahli mengatakan bahwa ruang lingkup dari ilmu
filsafat yaitu :
ü Tentang hal mengerti, syarat-syaratnya dan metode-metodenya.
ü Tentang ada dan tidak ada.
ü Tentang alam, dunia dan seisinya.
ü Menentukan apa yang baik dan apa yang buruk.
ü Hakikat manusia dan hubungannya dengan sesama makhluk lainnya.
ü Tuhan tidak dikecualikan.
Filsafat itu
erat hubungannya dengan pengetahuan biasa, tetapi mengatasinya karena dilakukan
dengan cara ilmiah dan mempertanggungjawabkan jawaban-jawaban yang
diberikannya.
Filsafat adalah
suatu ilmu pengetahuan yang mempunyai sifat-sifat ilmu pengetahuan tapi. Akan
tetapi jelaslah bahwa filsafat tidak termasuk ruangan ilmu pengetahuan yang
khusus. Filsafat boleh dikatakan suatu ilmu pengetahuan, tetapi obyeknya tidak
terbatas, jadi mengatasi ilmu-ilmu pengetahuan lainnya merupakan bentuk ilmu
pengetahuan yang tersendiri, tingkatan pengetahuan tersendiri.
Para ahli
mengatakan bahwa ruang lingkup dari ilmu filsafat yaitu :
a. Tentang
hal mengerti, syarat-syaratnya dan metode-metodenya.
b. Tentang
ada dan tidak ada.
c. Tentang
alam, dunia dan seisinya.
d.
Menentukan apa yang baik dan apa yang buruk.
e. Hakikat
manusia dan hubungannya dengan sesama makhluk lainnya.
f. Tuhan
tidak dikecualikan.
Ruang lingkup dari filsafat yaitu :
a. Tentang
pengetahuan : logika yang memuat :
a. Logika
formil yang mempelajari asas-asas atau hukum-hukun berpikir yang harus ditaati
agar kita dapat berpikit dengan benar dan mencapai kebenaran. jadi bagaimana
orang harus berpikir dengan baik dan aturan-aturan untuk itu. Hukum-hukum
logika berlaku dan penting bagi semua ilmu pengetahuan lainnya pula, bagi
filsafat merupakan alat yang harus dikuasai lebih dahulu.
b. Logika
materiil kritik (epistimologi)
Yang memandang ilmu pengetahuan
(materil) dan bagaimana isi ini dapat dipertanggungjawabkan. Jadi mempelajari
perihal :
1. Sumber
dan asal pengetahuan
2. Alat-alat
pengetahuan
3. Proses
terjadinya pengetahuan
4.
Kemungkinan dan batas pengetahuan
5. Kebenaran
dan kekeliruan
6. Metode
ilmu pengetahuan dan lain-lain.
b. Tentang
“ada” : metafisika atau ontology
Hal ini mengupas tentang :
1. Apakah
arti ada itu?
2. Apakah
kesempurnaannya ada itu?
3. Apakah
tujuannya ada itu?
4. Apakah
sebab dan akibat?
5. Apakah
yang merupakan dasar yang terdalam dari setiap barang yang ada itu?
c. Tentang
dunia material : kosmologi
Hal ini membicarakan tentang asal
mula atau sumber dan susunan atau struktur dari alam semesta.
d. Tentang
manusia : filsafat tentang manusia.
Orang mengetahui tentang “ada” itu
dari adanya sendiri.
e. Tentang
kesusilaan : etika
Manusia itu yakin dan wajib berbuat
baik dan menghindarkan yang tidak baik itu menimbulkan berbagai soal, yaitu :
1. Apakah
yang disebut baik itu?
2. Apakah
yang buruk itu?
3. Apakah
ukuran baik atau buruk itu?
4. Apakah
suara batin itu?
5. Apakah
kehendak bebas?
6. Apakah
artinya kepribadian itu?
f. Tentang
Tuhan : Theodyca
Hal inilah yang merupakan
konsekuensi terakhir dari seluruh pandangan filsafat. Renungan tentang
pengetahuan kita itu membuktikan bahwa manusia itu bukan sumber sari segala-segalanya,
bukan sumber daripada segala pengetahuan.
Singkatnya bahwa ia bukan yang
mutlak, sebab itu harus dicari sumber yang terdalam dan sebab yang terakhir,
yang mengatasi manusia sendiri dan dunia.
FILSAFAT PENDIDIKAN
Reviewed by Magister Olahraga
on
20.43.00
Rating:
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
BalasHapus